Minggu, 02 Oktober 2016

Kewirausahaan

PROPOSAL USAHA BISNIS "ROTI BAKAR"

    I.            PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat  potensial bila kami mengembangkan usaha roti bakar ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai roti bakar karna rasanya yang enak, gurih dan nikmat.  Roti bakar ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka.  Selain itu, roti bakar ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi roti bakar ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Roti bakar ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari.  Roti ini akan lebih enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, terlebih ketika cuaca terasa dingin maka roti bakar sangat cocok sebagai makanan penghangat tubuh. 
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha roti bakar, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: CV. ROTI BAKAR CINTA (RBC). Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli roti bakar kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa ROTI BAKAR CINTA (RBC).

Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
a)      Coklat
b)      Kacang
c)      Keju
d)      Strawberry
e)      Nanas
f)       Blueberry
g)      Srikaya
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.  Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti pormalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
B. Profil Organisasi
Nama Usaha    : Roti Bakar Cinta (RBC)
Jenis Usaha      : Kuliner
Alamat             : Jl Pemuda no.10 Cirebon
Pemilik                        : Ade Euis Sukmawati
                        Betari Novia
                        Jatiya Nur S.M.
                        Saidah Muntakhobah
                        Wahyu Candra

1.      Visi, misi dan tujuan
a.       Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b.      Misi
·         Memberikan kualitas yang terbaik. 
·         Memberikan pelayanan yang terbaik
c.       Tujuan Usaha
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·         Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·         Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalanganmahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha.

II.        Prospek Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.      Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis roti bakar yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2.      Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.

3.      Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik roti maupun toko roti agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku. Dan juga kami akan mencoba untuk membuka outlet baru di beberapa tempat, khususnya di daerah wilayah-III Cirebon.

III.       Produksi
A. Langkah-langkah produksi
Bahan membuat roti bakar :
·         mentega secukupnya
·         roti tawar
·         isi selai
Cara membuat roti bakar :
Ø  Pertama kita panaskan wajan datar anti lengket, beri sedikit margarin.
Ø  Isi bagian dalam roti bakar dengan selai  kemudian tutup dengan roti bakar lainnya. Olesi sisi bagian luar roti bakar dengan sedikit mentega.
Ø  Panggang roti bakar hingga kedua sisinya agak kecokelatan. 
Ø  Angkat dan siap disajikan.
B. Biaya Produksi
1. Biaya bahan baku
- Mentega         15kg                @Rp 20.000    = Rp 300.000
- Roti               50 Bungkus     @Rp 10.000    = Rp 500.000
- Susu Krim     24 Kaleng        @Rp 12.000    = Rp 288.000
            Total Biaya Bahan Baku                                                                      Rp  1.088.000
 Selai    :
-          Coklat              2kg                  @Rp 60.000    = Rp120.000
-          Keju                 2kg                  @Rp 90.000    = Rp180.000
-          Nanas              2kg                  @Rp 30.000    = Rp  60.000
-          Kacang                        1kg                  @Rp 50.000    = Rp  50.000
-          Srikaya                        1kg                  @Rp 40.000    = Rp  40.000
-          Strawberry       1kg                  @Rp 40.000    = Rp  40.000
-          Blueberry         1kg                  @Rp 40.000    = Rp  40.000
           
Total Biaya Bahan Pelengkap                                                                 Rp   530.000
 


                Total Biaya Produksi                                                                      Rp 1.618.000


C. Perkiraan Produk

D. Harga Jual
                Adapun produk yang kami tawarkan dikemas dengan karton desain CV.RBC dengan isi masing-masing karton 2 helai roti/kemasan dengan harga dan rincian isi per kemasan sebagai berikut            :
1
Nanas + Strawbery
Rp. 10.000
2
Nanas + Nanas
Rp. 10.000
3
Strawbery + Strawbery
Rp. 10.000
4
Kacang + Kacang
Rp. 12.000
5
Kacang + Strawbery
Rp. 10.000
6
Kacang + Nanas
Rp. 10.000
7
Kacang + Blueberry
Rp. 10.000
8
Coklat + Coklat
Rp. 12.000
9
Coklat + Strawbery
Rp. 10.000
10
Coklat + Nanas
Rp. 10.000
11
Coklat + Kacang
Rp. 12.000
12
Blueberry + Strawbery
Rp. 10.000
13
Blueberry + Nanas
Rp. 10.000
14
Blueberry + Blueberry
Rp. 10.000
15
Blueberry + Coklat
Rp. 11.000
16
Srikaya + Srikaya
Rp. 12.000
17
Srikaya + Strawbery
Rp. 10.000
18
Srikaya + Blueberry
Rp. 10.000
19
Srikaya + Nanas
Rp. 10.000
20
Srikaya + Kacang
Rp. 12.000
21
Srikaya + Coklat
Rp. 12.000
22
Keju + Coklat
Rp. 12.000
23
Keju + Kacang
Rp. 10.000
24
Keju + Strawbery
Rp. 10.000
25
Keju + Nanas
Rp. 10.000
26
Keju + Blueberry
Rp. 10.000
27
Keju + Srikaya
Rp. 12.000
28
Keju + Keju
Rp. 12.000
29
Kombinasi  (3 Rasa)
Rp. 15.000


IV.          Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:

A. Media Promosi
Ø  Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat  akan mengetahui usaha kita.  Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli roti bakar di tempat kita.
Ø  Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll.  Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga  masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
Ø  Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah  pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan  harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Ø  Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimatapara konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.
Ø  Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·         Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli roti dengan harga diatas Rp30.000,maka akan kami berikan diskon sebesar 10% untuk pembelian selanjutnya.
·         Apabila konsumen membeli roti bakar diatas 5 bungkus, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
·         Selain itu, apabila konsumen membeli roti bakar diatas 8 bungkus, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,- dan memberikan gratis satu bungkus roti bakar.

B.  Distribusi
                Dalam pendistribusian roti bakar kami menggunakan cara pembelian langsung oleh konsumen di tempat penjualan dan juga dapat menggunakan sistem pesan-antar yang dapat di pesan melalui nomor telepon outlet mau pun via online (Khusus daerah Cirebon/radius 10km dari tempat produksi).

V.            Sumber Daya Manusia (SDM)
A. SDM yang di Butuhkan
Bagian Produksi           & Pemasaran langsung            :           Saidah Muntakhobah
Bagian Pemasaran via Online              :           Jatiya Nur S.M.
Bagian Distribusi/Pengantaran             :           Wahyu Candra
Bagian SDM                                        :           Betari Novia
Bagian Keuangan                                 :           Ade Euis Sukmawati

B. Sistem Penggajian
                CV. Roti Bakar Cinta, masing-masing comoditan telah sepakat dalam pembagian gaji dengan rincian sebagai berikut :
Bag. Produksi              : Rp  2.000.000
Bag. Pemasaran                       : Rp  2.000.000
Bag. Distribusi                         : Rp  2.000.000
Bag. SDM                    : Rp  2.000.000
Bag. Keuangan                        : Rp  2.000.000
                                     Rp 10.000.000                       ( Total beban gaji/bulan)


                Pembagian gaji pegawai sama, karena CV.RBC belum mengangkat pegawai diluar pemilik modal. Dan sisa dari laba bersih sebesar 50% dibagi rata kepada tiap sekutu/pemilik modal.

VI.          Keuangan

Ket
Rincian
Pendapatan
Pengeluaran
Pembelian Grobak
1
-
Rp 3.500.000
Pembelian Kompor
1
-
Rp    300.000





No.
NAMA BARANG
HARGA
JUMLAH
KETERANGAN
1
Gerobak
 Rp     3.500.000
1
Dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
2
Kompor
 Rp         300.000
1
3
Tabung Gas 3 kg
 Rp         170.000
1
4
Besi Panggangan
 Rp         300.000
1
5
Alat Pembakar
 Rp           50.000
2
6
Alat Pemotong
 Rp           82.000
2
7
Toples
 Rp         100.000
7
8
Lap tangan
 Rp           30.000
3
9
Kotak Sampah dan Ember
 Rp           30.000
2
10
Bola Lampu
 Rp         100.000
3
11
Kabel
 Rp           50.000
1
12
Saklar Lampu
 Rp           40.000
1
13
Merek Usaha/Banner
 Rp         100.000
2 m
14
Roti
 Rp         500.000
50 Bungkus
15
Mentega
 Rp         300.000
15kg
16
Susu Krim
 Rp         288.000
24 Kaleng
Dalam jangka waktu pendek (maksimal 5 hari)
17
Selai :



1. Coklat
 Rp         120.000
2kg

2. Keju
 Rp         180.000
2kg

3. Nanas
 Rp           60.000
2kg

4. Kacang
 Rp           50.000
1kg

5. Srikaya
 Rp           40.000
1kg

6. Strawberry
 Rp           40.000
1kg

7. Blueberry
 Rp           40.000
1kg
Total untuk Modal Awal
 Rp                                                                                        6.470.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar