PROPOSAL USAHA BISNIS "ROTI BAKAR"
I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan
perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam
memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat
dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah,
memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal
inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak
begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah
kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga
yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia
yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian
diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha roti
bakar ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai roti bakar karna
rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Roti bakar ini memiliki
beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan
kesukaan mereka. Selain itu, roti bakar ini dapat dinikmati oleh
semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi roti bakar ini baik orang
yang sudah tua maupun orang muda. Roti bakar ini dapat dinikmati dalam
kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Roti ini akan
lebih enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, terlebih ketika cuaca
terasa dingin maka roti bakar sangat cocok sebagai makanan penghangat
tubuh.
Dengan alasan
dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha roti bakar, dan usaha
kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: CV. ROTI BAKAR CINTA (RBC). Dengan harapan pelanggan akan tertarik
untuk datang dan membeli roti bakar kami dengan perasaan cinta kasih akan
kenikmatan rasa ROTI BAKAR CINTA (RBC).
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen
memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
a)
Coklat
b)
Kacang
c)
Keju
d)
Strawberry
e)
Nanas
f)
Blueberry
g)
Srikaya
Dengan
memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang
mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk
yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti
pormalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak
merusak kesehatan.
B. Profil Organisasi
Nama
Usaha : Roti Bakar Cinta (RBC)
Jenis
Usaha : Kuliner
Alamat : Jl Pemuda no.10 Cirebon
Pemilik : Ade Euis Sukmawati
Betari
Novia
Jatiya
Nur S.M.
Saidah Muntakhobah
Wahyu
Candra
1.
Visi, misi dan tujuan
a. Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b. Misi
·
Memberikan kualitas yang
terbaik.
·
Memberikan pelayanan yang terbaik
c. Tujuan
Usaha
·
Memperoleh keuntungan
yang sebesar-besarnya.
·
Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan
kegiatan
usaha.
·
Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·
Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan
di kalanganmahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan
dan terdepan
dalam berwirausaha.
II. Prospek Usaha
Adapun
rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.
Rencana Jangka Pendek
Usaha
bisnis roti bakar yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman
kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum,
selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang
menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2.
Rencana Jangka Menengah
Usaha
yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami
bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar
dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.
Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari
segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama.
Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke
mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.
3.
Rencana Jangka Panjang
Setelah
berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas
dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik roti
maupun toko roti agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar
usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku. Dan juga kami akan mencoba untuk membuka outlet baru
di beberapa tempat, khususnya di daerah wilayah-III Cirebon.
III. Produksi
A. Langkah-langkah produksi
Bahan
membuat roti bakar :
·
mentega secukupnya
·
roti tawar
·
isi selai
Cara
membuat roti bakar :
Ø
Pertama kita panaskan wajan datar
anti lengket, beri sedikit margarin.
Ø Isi
bagian dalam roti bakar dengan selai kemudian tutup dengan roti
bakar lainnya. Olesi sisi bagian luar roti bakar dengan sedikit mentega.
Ø Panggang
roti bakar hingga kedua sisinya agak kecokelatan.
Ø
Angkat dan siap disajikan.
B. Biaya Produksi
1. Biaya bahan baku
- Mentega 15kg
@Rp 20.000 = Rp 300.000
- Roti 50
Bungkus @Rp 10.000 = Rp 500.000
- Susu Krim 24
Kaleng @Rp 12.000 = Rp 288.000
Total
Biaya Bahan Baku Rp 1.088.000
Selai :
-
Coklat 2kg @Rp 60.000 = Rp120.000
-
Keju 2kg @Rp
90.000 = Rp180.000
-
Nanas 2kg @Rp 30.000 = Rp 60.000
-
Kacang 1kg @Rp
50.000 = Rp 50.000
-
Srikaya 1kg @Rp 40.000 = Rp 40.000
-
Strawberry 1kg @Rp 40.000 = Rp 40.000
-
Blueberry 1kg @Rp 40.000 = Rp 40.000
Total Biaya
Bahan Pelengkap Rp
530.000
Total Biaya Produksi
Rp 1.618.000
C. Perkiraan Produk
D. Harga Jual
Adapun produk
yang kami tawarkan dikemas dengan karton desain CV.RBC dengan
isi masing-masing karton 2 helai roti/kemasan dengan harga dan rincian isi per
kemasan sebagai berikut :
1
|
Nanas + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
2
|
Nanas + Nanas
|
Rp. 10.000
|
3
|
Strawbery + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
4
|
Kacang + Kacang
|
Rp. 12.000
|
5
|
Kacang + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
6
|
Kacang + Nanas
|
Rp. 10.000
|
7
|
Kacang + Blueberry
|
Rp. 10.000
|
8
|
Coklat + Coklat
|
Rp. 12.000
|
9
|
Coklat + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
10
|
Coklat + Nanas
|
Rp. 10.000
|
11
|
Coklat + Kacang
|
Rp. 12.000
|
12
|
Blueberry + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
13
|
Blueberry + Nanas
|
Rp. 10.000
|
14
|
Blueberry + Blueberry
|
Rp. 10.000
|
15
|
Blueberry + Coklat
|
Rp. 11.000
|
16
|
Srikaya + Srikaya
|
Rp. 12.000
|
17
|
Srikaya + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
18
|
Srikaya + Blueberry
|
Rp. 10.000
|
19
|
Srikaya + Nanas
|
Rp. 10.000
|
20
|
Srikaya + Kacang
|
Rp. 12.000
|
21
|
Srikaya + Coklat
|
Rp. 12.000
|
22
|
Keju + Coklat
|
Rp. 12.000
|
23
|
Keju + Kacang
|
Rp. 10.000
|
24
|
Keju + Strawbery
|
Rp. 10.000
|
25
|
Keju + Nanas
|
Rp. 10.000
|
26
|
Keju + Blueberry
|
Rp. 10.000
|
27
|
Keju + Srikaya
|
Rp. 12.000
|
28
|
Keju + Keju
|
Rp. 12.000
|
29
|
Kombinasi
(3 Rasa)
|
Rp. 15.000
|
IV. Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat
kami lakukan adalah:
A. Media Promosi
Ø
Dari mulut ke mulut
Promosi
ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak
biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman
kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung
semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan
apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan
memberitahukan kepada orang lain untuk membeli roti bakar di tempat kita.
Ø
Dengan media Internet
Selain
promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan
menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter,
blog,dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet,
sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
Ø
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti
diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk
memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan
memperluas usaha roti bakar ini ke
daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh
masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat
pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Ø
Pengembangan Produk
Pengembangan
produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing
lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimatapara konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun
setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun,
dan juga acara resmi lainnya.
Ø
Langkah-langkah promisi
Untuk
menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai
cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·
Pada malam minggu kami akan
memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli roti dengan harga diatas
Rp30.000,maka akan kami berikan diskon sebesar 10% untuk pembelian selanjutnya.
·
Apabila konsumen membeli roti bakar
diatas 5 bungkus, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan
dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
·
Selain itu, apabila konsumen membeli
roti bakar diatas 8 bungkus, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka
pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,- dan memberikan gratis
satu bungkus roti bakar.
B. Distribusi
Dalam
pendistribusian roti bakar kami menggunakan cara pembelian langsung oleh
konsumen di tempat penjualan dan juga dapat menggunakan sistem pesan-antar yang
dapat di pesan melalui nomor telepon outlet mau pun via online (Khusus daerah
Cirebon/radius 10km dari tempat produksi).
V. Sumber
Daya Manusia (SDM)
A. SDM yang di Butuhkan
Bagian Produksi & Pemasaran langsung : Saidah Muntakhobah
Bagian Pemasaran via Online : Jatiya
Nur S.M.
Bagian Distribusi/Pengantaran : Wahyu
Candra
Bagian SDM :
Betari Novia
Bagian Keuangan : Ade
Euis Sukmawati
B. Sistem Penggajian
CV. Roti Bakar Cinta, masing-masing comoditan telah sepakat
dalam pembagian gaji dengan rincian sebagai berikut :
Bag. Produksi : Rp 2.000.000
Bag. Pemasaran : Rp
2.000.000
Bag. Distribusi : Rp
2.000.000
Bag. SDM :
Rp 2.000.000
Bag. Keuangan : Rp
2.000.000
Rp
10.000.000 ( Total
beban gaji/bulan)
Pembagian
gaji pegawai sama, karena CV.RBC belum mengangkat pegawai diluar pemilik modal.
Dan sisa dari laba bersih sebesar 50% dibagi rata kepada tiap sekutu/pemilik
modal.
VI. Keuangan
Ket
|
Rincian
|
Pendapatan
|
Pengeluaran
|
Pembelian Grobak
|
1
|
-
|
Rp
3.500.000
|
Pembelian
Kompor
|
1
|
-
|
Rp 300.000
|
No.
|
NAMA BARANG
|
HARGA
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Gerobak
|
Rp 3.500.000
|
1
|
Dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
|
|
2
|
Kompor
|
Rp 300.000
|
1
|
||
3
|
Tabung Gas 3 kg
|
Rp 170.000
|
1
|
||
4
|
Besi Panggangan
|
Rp 300.000
|
1
|
||
5
|
Alat Pembakar
|
Rp 50.000
|
2
|
||
6
|
Alat Pemotong
|
Rp 82.000
|
2
|
||
7
|
Toples
|
Rp 100.000
|
7
|
||
8
|
Lap tangan
|
Rp 30.000
|
3
|
||
9
|
Kotak Sampah dan Ember
|
Rp 30.000
|
2
|
||
10
|
Bola Lampu
|
Rp 100.000
|
3
|
||
11
|
Kabel
|
Rp 50.000
|
1
|
||
12
|
Saklar Lampu
|
Rp 40.000
|
1
|
||
13
|
Merek Usaha/Banner
|
Rp 100.000
|
2 m
|
||
14
|
Roti
|
Rp 500.000
|
50 Bungkus
|
||
15
|
Mentega
|
Rp 300.000
|
15kg
|
||
16
|
Susu Krim
|
Rp 288.000
|
24 Kaleng
|
Dalam jangka waktu pendek (maksimal 5 hari)
|
|
17
|
Selai :
|
||||
1. Coklat
|
Rp 120.000
|
2kg
|
|||
2. Keju
|
Rp 180.000
|
2kg
|
|||
3. Nanas
|
Rp 60.000
|
2kg
|
|||
4. Kacang
|
Rp 50.000
|
1kg
|
|||
5. Srikaya
|
Rp 40.000
|
1kg
|
|||
6. Strawberry
|
Rp 40.000
|
1kg
|
|||
7. Blueberry
|
Rp 40.000
|
1kg
|
|||
Total untuk Modal Awal
|
Rp
6.470.000
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar